Monday, September 24, 2012

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


A. Kesimpulan
     Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan antara lain: Pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model Taba dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru dan siswa selama proses pembelajaran yang ditandai dari hasil analisis data observasi guru yaitu dengan skor 28 pada siklus I dan meningkat menjadi 36,5 pada siklus II, serta hasil analisis data observasi siswa pada proses pembelajaran di siklus I yaitu mendapat skor 23 dan pada siklus II meningkat menjadi 28 dengan kategori
baik. Penerapan model Taba pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Tegalrejo Musi Rawas yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 44,12% mengalami peningkatan pada proses pembelajaraan pada siklus II yaitu sebesar 91,18%.

B. Saran
     Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tujuan yang diinginkan akan tercapai maka disarankan:
1. Bagi guru Bahasa Indonesia, diharapkan dapat menerapkan model Taba dalam pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tetapi penggunaan model Taba ini harus disesuaikan dengan waktu dan materi pelajarannyan dan hendaknya diadakan refleksi terhadap proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan guna perbaikan proses pembelajaran yang akan datang.
2. Bagi siswa, diharapkan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga tujuan pembelajara dapat dicapai.

1 comments: