Monday, September 24, 2012

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. Jenis Penelitian
      Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk peningkatan pembelajaran melalui serangkaian tindakan yang diikuti dengan refleksi. Kemudian mencobakan dan mempraktekkan secara sistematis mengenai permasalahan di dalam kelas secara reflektif dan berkolaborasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa (Wardani, 2006).


B. Subyek Penelitian
      Subyek yang diteliti adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Tegalrejo Kabupaten Musi Rawas yang berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan.

C. Prosedur Penelitian
      Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus yang melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Keempat tahap dalam penelitian tindakan kelas tersebut adalah unsur untuk membentuk sebuah siklus, yaitu satu putaran kegiatan beruntun yang kembali ke langkah semula (Arikunto, 2006).

     Sebelum melakukan perbaikan, peneliti melakukan observasi terhadap penyelenggaraan pembelajaran, khususnya di kelas-kelas tinggi SD Negeri 01 Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Hasil observasi tersebut menemukan bahwa pembelajaran memahami cerpen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang efektif, sehingga menyebabkan kemampuan memahami cerpen siswa kelas V SD Negeri 01 Tegalrejo Kabupaten Musi Rawas tersebut sangat rendah. Dengan nilai rata-rata siswa hanya mencapai 5, 73 (wawancara dengan guru Bahasa Indonesia). Kemudian dianalisis yang menghasilkan simpulan bahwa penyebabnya yaitu guru kurang mampu menerapkan strategi yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa belajar bermakna. Kemudian peneliti melakukan refleksi bersama guru Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 01 Tegalrejo Kabupaten Musi Rawas dan memutuskan solusi pemecahan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Taba (Inductive Thinking).

0 comments:

Post a Comment